Senin, 25 Februari 2013

Tips Mengetik CAPTCHA


Halo kakak-kakak semua! Waah, pas banget nih di malam tahun baru untuk menyambut kedatangan Tahun 2012, pasti kakak-kakak semua udah ada planning atau harapan untuk tahun 2012. Tapi, daripada malam tahun baru ini gak ada kerjaan atau diem aja di rumah, mending kakak-kakak semua belajar atau baca-baca buku biar nambah ilmunya. Hehehe. Nah, kali ini saya buat Tips Mengetik CAPTCHA yang bisa kakak-kakak semua terapkan. Karena Mengetik CAPTCHA cukup menyulitkan juga bagi kakak-kakak yang kurang teliti. Banyak keuntungan yang didapat dari Tips Mengetik CAPTCHA, apalagi buat kakak-kakak yang Nge-Kaskus. Hahaha.. Okay tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan membaca mengenai Tips Mengetik CAPTCHA :D
 gambar: contoh CAPTCHA

Sebelumnya, bagi kakak-kakak yang belum mengerti tentang Pengertian CAPTCHA, silahkan baca mengenai Pengertian CAPTCHA pada postingan/artikel saya sebelumnya. Disini hanya khusus untuk CAPTCHA yang menggunakan text. Bukan CAPTCHA gambar, atau audio/video. 

Hal yang perlu diperhatikan dalam Mengetik CAPTCHA ini :

  1. Text CAPTCHA yang akan diketik, khusus untuk dua (2) kata saja. Tidak berlaku untuk text CAPTCHA yang hanya satu (1) kata.
  2. Sekali lagi saya ingatkan, Tips Mengetik CAPTCHA ini hanya berlaku untuk CAPTCHA yang berjenis Text atau kata-kata.
  3. Besar (kapital) atau kecilnya huruf tidak berpengaruh alias boleh diketik dengan huruf kapital atau tidak.
  4. Ingat, bila salah mengetik huruf CAPTCHA meskipun hanya satu huruf, maka input text CAPTCHA dianggap salah atau FAILED. Jadi, perhatikan dengan teliti ya :)
  5. Saya tidak menjamin Tips Mengetik CAPTCHA ini work 100%.
Okay, langsung masuk dengan langkah-langkah atau step-step dari Tips Mengetik CAPTCHA ini. Saya ambil contoh website dari Kaskus (http://www.kaskus.us) karena forum ini lebih sering dikunjugi oleh para user dan contoh dari beberapa website lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Perhatikan CAPTCHA yang akan anda lalui :P
  • Ketik atau masukkan HANYA SATU (1) KATA pada CAPTCHA yang huruf-hurufnya berusaha untuk dipersulit atau disamarkan seperti DITUTUPI GARIS ATAU CORAK, MIRING atau ITALIC, ataupun hurufnya tertutupi seperti terkena TUMPAHAN TINTA.
  • Ketik kemudian masukkan input.


Perhatikan kata atau text yang terdapat pada CAPTCHA!  Pada CAPTCHA di bawah, terdapat angka 118 dan CIESNE.
gambar: contoh CAPTCHA pasa Kaskus



Nah, agar pengetikan CAPTCHA lebih cepat dan tepat, anda hanya perlu mengetikkan input CIESNE saja. TIDAK PERLU mengetikkan angka 118. Maka server atau website Kaskus menilai anda sebagai MANUSIA.
gambar: hasil posting pada Thread Kaskus



Berikut ini adalah contoh screenshot pada website lain yang telah saya coba.

Pada CAPTCHA di website ini, anda hanya perlu memasukkan input GESTRUR. Ada yang tau gak kata yang terdapat di depan kata GESTRUR? :D

gambar: contoh CAPTCHA pada captchatrader.com


Lalu pada CAPTCHA di bawah ini,  anda hanya perlu memasukkan input kata YMETEC.


gambar: contoh CAPTCHA lain



Nah, apakah kakak-kakak semua sudah mendapatkan gambaran jelas mengenai Tips Mengetik CAPTCHA ini? Ingat, Tips Mengetik CAPTCHA ini berlaku pada website atau server manapun yang menggunakan sistim CAPTCHA dua KATA seperti pada contoh di atas.

Okay, sekian artikel dari saya mengenai Tips Mengetik CAPTCHA. Mohon maaf dengan segala kekurangan yang ada pada artikel maupun blog ini. Saran dan kritik yang membangun dari kakak semua sangat bermanfaat untuk kemajuan blog ini.
Terima Kasih ! :)

0 komentar:

Posting Komentar