Jumat, 11 Januari 2013

Cara Menggambar Teknik yang Benar

Untuk postingan kali ini, saya akan berbagi tips tentang cara menggambar teknik yang baik dan benar. dalam hal ini adalah menggambar teknik secara manual. adapun menggambar teknik dengan menggunakan komputer akan di posting di edisi selanjutnya.
Perlu diketahui, bahwa dalam menggambar teknik itu tidaklah harus bagus seperti halnya menggambar pemandangan alam, melainkan gambar yang baik adalah gambar yang teliti baik ukuran maupun skalnya sehingga gambar tersebut bisa dipahami oleh orang lain.
Bagi anda yang termasuk dalam mahasiswa baru terutama mahasiswa teknik, biasanya akan didapatkan mata kuliah Menggambar Teknik. Bagi para alumni yang berasal dari SMK ataupun STM, itu sudah pernah dipelajari ketika di bangku sekolah. Akan tetapi, bagi mereka yang berasal dari alumni SMA ataupun yang lainnya (yang belum pernah diajarkan tentang menggambar teknik.red), biasanya akan mengalami kesulitan. Menggambar teknik berbeda dengan menggambar biasa. Dalam menggambar teknik yang terpenting adalah ketelitian, ketepatan, dan kerapian. Biasanya saat kita menggambar, yang terjadi adalah ketidaktelitiannya kita dalam menentukan ukuran, ataupun ketidakrapiannya hasil dari gambar kita. Untuk itu, disini saya akan memberikan beberapa tips agar gambar yang kita peroleh baik dalam artian tepat dalam ukuran maupun baik dalam ketelitian dan juga rapi, sehingga para orang lain bias memahami arti dari gambar kita.
Tips dalam menggambar teknik se
  • Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
(pensil, penghapus, peruncing pensil, garisan, dan juga jangan lupa kertas gambarnya).
  • Agar gambar yang dihasilkan tepat dan teliti, pastikan penggaris yang kita gunakan mempunyai panjang yang cukup (minimal 30 cm.red)sehingga, kita tidak mengulangi beberapa kali pada saat kita membuat garis lurus. Garis lurus yang dibuat dari ulangan-ulangan, bias membuat ketebalan garis yang berbeda dengan garis yang lainnya, sehingga hal ini selain bisa membuat gambar kurang teliti (karena perbedaan skala.red), juga membuat gambar yang kita peroleh menjadi kurang rapi.
  • Lindungilah lengan kita entah dengan pakaian lengan panjang, maupun dengan yang lainnya, agar keringat yang keluar dari tubuh kita tidak langsung jatuh ke kertas gambar sehingga membuat hasil gambar yang tidak rapi. Selain itu, perlindungan pada lengan juga menghindari gesekan secara langsung antara kertas gambar dengan tangan kita yang juga bisa menimbulkan ketidakrapia
  • Pada saat terdapat kesalahan dalam kita menggambar, maka hapuslah dengan karet penghapus yang sesuai standar (steadler atau faber castel). Yang perlu diperhatikan dalam menghapus ialah, arah dari penghapusan. Dalam menghapus, arah penghapusan harus selalu sama. Jika kesalahan pertama dihapus dengan penghapusan vertikal, maka penghapusan selanjutnya juga harus vertical begitu juga sebaliknya. Hal ini untuk menghindari dari lekukan pada hasil gambar
  • Dan yang terakhir, jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan itu semua. Selain pekerjaan itu menjadi ibadah, Hal itu juga menjadi pekerjaan yang kita lakukan dimudahkan oleh Allah SWT.
Semoga tips ini bermanfaat bagi kita semua. Nantikan untuk posting selanjutnya

1 komentar:

triznaning arifiyah mengatakan...

makasih kakak :)

Poskan Komentar