Selasa, 08 Januari 2013

Berkomunikasi dengan TUBUH


 
Judul yang sangat baik karena melatih KEPEKAAN kita terhadap tubuh kita. Ada kala nya gejala2 seperti demam, sakit kepala, mual, muntah dan lain2 kita anggap sebagai PENYAKIT padahal itu adalah sinyal2 atau tanda positif dari tubuh kita untuk berkomunikasi kepada kita untuk melakukan suatu tindakan untuk mengatasi nya dengan bijaksana. Disini saya akan membuat beberapa hal yang sering kita rasakan dan dan cara mengatasi nya.
  1. SAKIT KEPALA------ hampir sebagian besar orang pernah sakit kepala dan tidak sedikit orang akan melakukan tindakan langsung memakan obat penghilang rasa sakit tanpa melihat penyebab nya. untuk itu cobalah dengan bijak mencari penyebabnya karena jenis2 sakit kepala ada beberapa jenis dan cara mengatasinya usaha kan dengan tindakan sederhana sesuai dengan kebutuhan sakit kepala. Misalnya oleh karena stress dalam pendidikan atau pekerjaan atau urusan rumah tangga, so cobalah lebih merilekskan diri.
  2. DEMAM -------tidak selalu diindikasi kan dengan penyakit tetapi reaksi positif tubuh yang menunjukkan ada nya infeksi dalam tubuh atau penumpukan racun dalam sistem tubuh kita, sehingga tubuh harus menghasilkan ekstra panas dengan peningkatan suhu tubuh utk membakar kelebihan racun yang harus dibuang. SARAN : memberi ekstra cairan pada tubuh kita dengan cara banyak minum, karena ketika naiknya suhu tubuh atau demam, tubuh melakukan pembakaran cairan lebih cepat dari biasanya.
  3. KONSTIPASI ( Sulit Buang Air Besar )-----ini juga merupakan cara tubuh mengatakan bahwa terjadinya gangguan keseimbangan bakteri positif dalam usus dan tubuh juga memberitahu bahwa adanya dampak yang salah dari makanan kita. SARAN : bila kita konstipasi,makanlah sayur2 an dan buah2an karena itu mengandung serat yang baik bagi pencernaan.
  4. RASA MUAL ------tubuh memberitahu kepada kita bahwa mesin pengelolaan makanan kita sedang bermasalah sehingga kita harus melakukan pembersihan. SARAN : kendalikan keinginan mulut kita dalam mengkonsumsi makanan, mengistirahatkan dengan memberi makanan yang ringan untuk dicerna dan memiliki efek pembersihan seperti jus buah2 an dan sayur2 an.
  5. RASA LELAH----- disini tubuh memberitahu bahwa mungkin kita sudah memaksa tubuh bekerja berlebihan, menguras fisik dan pikiran dan tubuh berharap untuk diistirahatkan agar energi bisa kembali seperti sediakala. SARAN ; Ambil waktu istirahat dan jangan tergoda dengan minuman2 energi yang hanya memaksa tubuh untuk segar hanya beberapa saat.
Alright....keep healthy yach and be a wise..

0 komentar:

Posting Komentar